Sunday, July 27, 2014

Ulasan Mengenai Google+ (Google Plus)

Apa Itu Google+


Apa sih Google+ itu? Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.
Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi jaringan sosial Facebook, yang telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011.
Google Plus dikembangkan dengan nama proyek “Emerald Sea”, proyek rahasia ini sendiri memakan waktu satu tahun lebih dan dipimpin oleh Google Senior VP of Social, Vic Gundotra dan Google VP Product of Google Apps, Bradley Horowitz serta diperkirakan menelan biaya sekitar 585 juta dollar.
Dalam perkembangannya Google Plus sudah memiliki sekitar 25 juta pengguna aktif setelah 24 hari peluncurannya. Dan di akhir Oktober 2013 pengguna aktif Google Plus sudah mencapai sekitar 540 juta. Kabarnya, Google Plus ini ditargetkan akan menyaingi situs sosial media nomor 1 di dunia yaitu Facebook.

Apa Saja Fitur-Fitur Google+?

Banyak fitur dari Google+ yang mirip dengan situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn. Cara Google+ menampilkan pemberitahuan, pemberitahuan belum dibaca, dan link ke posting juga mirip dengan "Pemberitahuan" di Facebook. Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Google+.
  1. Profil Pengguna, adalah wajah untuk nama Anda di seluruh penjuru Google. Teman dan keluarga dapat melihat orang yang mereka ajak bicara saat Anda melakukan Hangout, mengirim email, berkolaborasi di Google Drive, dan lainnya. Profil Anda adalah tempat orang dapat menemukan statistik penting dan info dasar Anda. Pilih foto profil yang membantu teman mengenali Anda, lalu tambahkan perkenalan singkat dan detail lain yang sedikit menggambarkan diri Anda. Lingkaran memungkinkan Anda menentukan siapa yang melihat apa.
  2. Circles (Lingkaran), adalah fitur inti dari Google+ Sosial Platform. Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur orang-orang dalam kelompok-kelompok atau daftar untuk berbagi di berbagai produk dan layanan Google. Kelebihan fitur ini dari pada yang lain adalah dapat mengelompokkan secara langsung teman-teman, kenalan, keluarga, dan lain-lain dalam satu lingkaran. Selain itu, sewaktu anda ingin membuat status, anda dapat mengelompokkan untuk status tersebut siapa saja yang dapat melihat status anda tersebut, bisa kenalan ataupun yang lainnya.
  3. Streams, Dengan strams pengguna melihat perkembangan terbaru dari orang-orang di kalangan mereka, perkembangan terbaru mirip dengan news feed milik Facebook. Kotak input memungkinkan pengguna untuk memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah dan berbagi foto dan video.
  4. Hangouts dan Hangouts On Air, adalah panggilan video conferencing gratis dengan batas sampai 10 orang dan dapat dilakukan melalui website Google+ atau aplikasi mobile. Banyak aplikasi dapat digunakan di dalam hangout, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen, alas atau layar mereka dengan pengguna lain. Serta banyak built-in aplikasi seperti YouTube, Google Docs dan lainnya.
  5. Tombol +1. Google+ memiliki tombol "+1 "untuk memungkinkan orang untuk merekomendasikan situs dan bagian situs kepada orang lain, mirip di gunakan untuk tombol "Like" milik Facebook. Jumlah +1 sebuah situs web telah, telah berkorelasi dengan peringkat pencarian Google yang lebih tinggi.
  6. Google+ Pages, Diluncurkan pada 7 November 2011 untuk semua pengguna yang memungkinkan perusahaannya untuk berhubungan dengan fans. Google+ Badges diam-diam diluncurkan untuk memilih perusahaan mulai 9 Novembar 2011 dan secara resmi dirilis ke publik pada tanggal 16 November 2011. Tampilan Google+ diperkenalkan pada tanggal 1 April 2014 ini memiliki "Tampilan Penghitung", yang ditampilkan pada halaman profil setiap pengguna. Tampilan Penghitung menunjukkan berapa kali konten pengguna telah dilihat oleh orang lain, termasuk foto, posting, dan halaman profil.
  7. Komunitas, Dirilis 6 Desember 2012, Komunitas Google+ memungkinkan pengguna untuk membuat percakapan yang sedang berlangsung tentang topik-topik tertentu. Komunitas Google+ juga dapat dibuat dan dikelola di bawah account Laman Google+.
  8. Events, Dirilis di Google I / O pada tanggal 27 Juni 2012, Google+ Events memungkinkan pengguna untuk menambahkan acara, mengundang orang, dan kemudian berbagi foto dan media secara real-time dari acara tersebut. Program ini terintegrasi dengan Google Calendar, dan sebagai pesaing langsung untuk fitur serupa yang ditawarkan oleh Facebook.
  9. What's Hot, diperkenalkan pada 27 Oktober 2011, adalah aliran menunjukkan apa pengguna Google+ telah berkomentar, berbagi dan berinteraksi dengan yang paling. Hal ini mirip dengan "Trending Topics" Milik Twitter.
  10. Google Local. Pada tanggal 11 Juni 2014, Google menggabungkan Google Places dan Google+ Local Business Pages dengan Google My Business product. Produk ini menggunakan antarmuka Google+ tetapi memiliki lebih banyak fitur termasuk wawasan dan analisis. Pada tanggal 30 Mei 2012, Google Places digantikan oleh Google+ Lokal, yang sekarang terintegrasi langsung dengan layanan Google+ untuk memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dan ulasan lokasi langsung ke halaman pada layanan. Selain itu, Google+ Lokal dan Maps juga sekarang memiliki ulasan rinci dan penilaian dari Zagat, yang diakuisisi oleh Google pada September 2011.
  11. Google Apps.. Pada awal peluncuran, akun Google Apps tidak dapat digunakan di Google karena kurangnya dukungan untuk Google Profile. Pada tanggal 27 Oktober, Google mengumumkan bahwa Google sekarang mendukung pengguna Google Apps (jika domain pengguna administrator telah memungkinkan layanan).
  12. Fitur Fotografi
    • Google+ Creative Kit, Adalah editor foto online yang terintegrasi ke Google+ pada 27 Oktober 2011 yang pada dasarnya adalah Picnik yang sebelumnya terintegrasi untuk Album Web Picasa.
    • Auto Awesome, Dirilis di Google I / O tahun 2013, fitur ini memberlakukan efek khusus secara manual (dengan Android) atau secara otomatis. Efek termasuk gerak komposit dalam satu gambar, animasi pendek, photobooth gaya, dan high-dynamic range rendering (HDR).
    • Auto Enhance. Dengan Auto Enhance, Google+ membuat perubahan hipotetis kecil dalam memperbaiki foto
    • Google+ Auto-Backup, Sebuah aplikasi desktop yang berguna untuk mengimpor koleksi foto dan video.
  13. Fitur Tambahan
    • Instant Upload, Fitur ini adalah fitur upload foto yang dapat dikreasikan dengan menambahkan komentar lucu pada foto. Ini merupakan fitur yang tepat untuk membuat orang meringis saat melihat foto Anda.
    • Data Liberation, Adalah pilihan yang menyediakan kemampuan untuk men-download konten seseorang dari Google+.
    • Hashtags, Fungsinya mungkin sama dengan Hashtags milik Twitter
    • Fitur baru untuk Goggle+ Mobile. Sejak peluncuran Google+, Google telah menambahkan dan membuat perubahan untuk banyak fitur. Pada tanggal 30 September 2011, perusahaan merilis daftar perubahan dan penambahan Google+ ponsel yang salah satunya adalah memperluas SMS dukungan sehingga pengguna di AS dan India sekarang dapat posting ke Google+, menerima notifikasi, dan menanggapi pesan grup melalui SMS.
    • Ripples. diperkenalkan pada 27 Oktober 2011, adalah alat visualisasi, menunjukkan bagaimana aktivitas resharing terjadi mengenai posting publik.
    • Verifikasi pada nama Public Figure. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada pengunjung situs bawha profil tersebut benar-benar milik seorang Public Figure,dan bukan seseorang yang kebetulan memiliki nama yang sama. Profil identitas yang diverifikasi memiliki logo tanda centang setelah nama mereka.
  14. Fitur Lagency
    • Messenger (sebelumnya dikenal sebagai Huddle) adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles (Lingkaran).
    • Sparks, adalah sebuah front-end untuk Google Search, memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi topik mereka mungkin akan tertarik dalam berbagi dengan orang lain; "menampilkan kepentingan" percikan juga tersedia, berdasarkan topik lain secara global menemukan sesuatu yang menarik.
    • Game ( game sosial ). Ketika diluncurkan pada 11 Agustus 2011, Google+ Game memiliki 16 Permainan yang kemudian diperluas menjadi 44 dalam beberapa bulan kemudian, tetapi pada April 2013 menjadi 38 permainan sejak beberapa permainan telah dihapus oleh pencipta dan tidak ada permainan baru telah ditambahkan.
    • Google mengubah logo situs dan favicon , dari hitam ke merah.
Demikian Ulasan Mengenai Google Plus ini. Karena tanggan saya sudah mulai pegel-pegel, jadi saya akhiri saya tulisan kali ini :p. Semoga dapat menambah informasi Anda sekalian. Saya selaku author meminta maaf bila ada kesalahan dalam penusisan dan ulasan. Terimakasih tetap setia membaca tulisan-tulisan di blog ini. :)

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal