Friday, August 1, 2014

Fungsi-Fungsi Tersembunyi Notepad

Tags
Notepad adalah sebuah text editor simple yang sudah ada sejak Windows 1.0 di sekitar tahun 1985, fungsi notepad dari dulu sampai sekarang dianggap masih sama saja yaitu untuk menulis pesan pendek ( bukan SMS ). Notepad juga bisa menyimpan dan membuka semua jenis file komputer, namun tidak dapat membacanya. Notepad tidak punya bahasa yg bertele-tele dalam pembuatan filenya. Jadi berjalan sesuai formatan yg diketik di dalamnya, artinya notepad tidak punya embel-embel kode dalam pembuatan bahasa pemrograman.
Berikut adalah fungsi-fungsi notepad. Sebagian sudah mengetahuinya, namun beberapa ada yang belum mengetahui fungsi-fungsi tersembunyinya :
  1. Notepad sebagai digital diary

    Anda dapat menggunakan notepad diary digital dan secara otomatis memasukkan tanggal dan informasi waktu untuk setiap baris yang ente ketik di notepad. Sebagai contoh buka file notepad baru ketik .LOG dibagian atas, kemudian ketikkan beberapa baris dan simpan. Buka file tersebut dan akan melihat tanggal dan waktu di setiap baris teks notepad. Atau Anda dapat menambahkan waktu secara manual dengan menekan tombol F5. maka hasilnya secara otomatis akan menambah waktu dengan sendirinya
  2. Notepad sebagai HTML Stripper dan HTML Creator

    Sebagai HTML Stripper > idealnya teks pada halaman sebuah web sudah diformat khusus untuk jenis font, warna, ukuran, elemen design dan gambar. Dengan notepad Anda dapat menggunakan untuk mengedit komponen teks nya saja. Anda tinggal mengcopy dari kode HTML yang ada di halaman web dan Anda paste di notepad yang kemudian dapat Anda simpan untuk digunakan lagi di lain waktu.
    Sebagai HTML Creator > Notepad dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah file / halaman website. Dengan mengetikkan perintah dasar HTML kemudian menyimpannya dengan ekstension .html Anda sudah mempunyai 1 file halaman website. Selain HTML, Notebad juga bisa untuk membuat stylesheet CSS dengan ekstensi .css dan JavaScript dengan ekstensi .js.
  3. Notepad sebagai pembuat script baik maupun script jahat

    Seperti yang sudah Saya katakan di atas Notepad merupakan editor teks yang sederhana yang dapat digunakan untuk membuat script yang kompleks. Anda dapat membuat script yang jahat seperti script memformat harddisk maupun script untuk menshutdown, membuat virus, dan masih banyak lagi.
  4. Notepad sebagai Teks Replacer

    Notepad dapat Anda gunakan untuk mengganti sebuah kata di dalam suatu tulisan. Misalkan Anda ingin mengganti kata ‘Microsoft’ dengan kata ‘Yahoo’, Anda bisa mengcopy tulisan Anda di notepad kemudian untuk mengganti Anda tekan Ctrl + H atau pilih menu Edit > Replace.
  5. Notepad sebagai Jalan Pintas Windows Explorer

    Terkadang ada beberapa file yang tidak dapat dihapus. Anda dapat mencoba menggunakan notepad sebagai jalan pintas pengganti windows explorer untuk menghapus file tersebut. Anda bisa mencoba File > Open > pada type file pilih All. Anda tinggal mencari file yang ingin dihapus.
  6. Notepad sebagai alat kreatif desainer

    Notepad terkadang dapat digunakan untuk mendesain dengan berbasis teks. Coba Anda ketikkan Q33N atau MEGA, format dengan ukuran 72px, jenis font Wingdings. Dan lihatlah gambar apa yang akan muncul.. :D
  7. Notepad dapat mereset semua text yang masuk

    Notepad dapat menghilangkan link dalam text serta dapat menghilangkan style dari text yang disalin kedalamnya.
  8. Notepad sebagai pembuat launcher sederhana

    Notepad dapat berfungsi sebagai pembuat launcer yang amat sangat sederhana. File ekstensi yang digunakan adalah .bat. Anda mau mencobanya? ketik direktori / lokasi program yang digunakan "spasi" direktori / lokasi file yang ingin dibuka dengan program tersebut. Contohnya :
    notepad.exe style.css
    Artinya anda ingin menjalankan program "Notepad.exe" dan membuka file "style.css". Dan simpan dengan ekstensi .bat
  9. Notepad sebagai pemnuat autorun pada Drive tambahan.

    Apakah anda pernah membuka CD / DVD yang isinya installer suatu game ataupun software? Jika sudah pasti setelah CD / DVD tersebut selesai dimuat akan langsung menjalankan program installernya tanpa ada perintah manual. Nah inilah yang disebut dengan autorun. Ternyata autorun ini bisa dibuat dengan notepad dan caranya sangat sederhana. autorun ini biasanya menggunakan nama ekstensi autorun.inf. Contoh isinya adalah sebagai berikut (Saya mengambil dari DVD installer StarCraft™ II: Wings of Liberty) :
    [autorun]
    open=setup.exe
    icon=icon.ico
    label=StarCraft™ II: Wings of Liberty
    Artinya dalam autorun, anda akan membuka program "setup.exe" dengan ikon DVD adalah "icon.ico" dan Nama dari DVD adalah "StarCraft™ II: Wings of Liberty". *Ingat! : untuk file program dan icon harus sudah ada dalam Drive dengan autorun tersebut dan icon yang digunakan harus berekstensi .ico.
Bagaimana? tambah mudeng atau malah tambah mubeng? :ngakak:. Cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, kurangnya mohon ditambahi dan lebihnya mohon disimpan. =D. Salam Blogger Indonesia! :)

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

11 komentar

wah, keren,notepad yang sederhana ternyata fungsinya canggih juga

Iya masbro.. untuk membuat program-program sederhana bisa dengan Notepad dan gak kalah dengan hasil dari Visual Basic lho.. :D

Wah Nice inpoh gan.... :D
Ane suka mainin notepad tpi kgk tau fungsi yg tersembunyi :v

Cuma iseng-iseng nyari info sama nyoba-nyoba masbro... =D Saya juga sering main-main sama notepad.. :p

wahh baru tau ane nih ternyata banyak fungsi'a juga, kalo notepad sering ane gunain tapi cuma sekdar catatn buat ane biar ga lupa pas di kantor, maklum kerjaan'a numpuk hehe

Itu masih mending masbro.. ada sebagian orang malah gak tau itu notepad.., yang belom pernah pake PC or Laptop tentunya.. :ngakak:

Wah bermanfaat banget ternyata.. banyak fungsinya =D

Program kecil gk kalah fungsinya dengan program gede kan? :D

WIHHHh keren makasih infonya gan

This comment has been removed by the author.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal