Monday, November 3, 2014

Cara Memasang Disqus Comment di Blogger

Assalamu'alaikum...

Salam sejahtera untuk kita semua... Setelah lama tidak update blog, kali ini saya mau berbagi tutorial tentang Cara Memasang Disqus Comment di Blogger. Sebelum kita masuk ke inti dari postingan kali ini, ada baiknya kita ketahui apa itu Disqus Comment terlebih dahulu.

Apa Disqus Itu?

Disqus (dibaca dalam bahasa Inggris: discuss) merupakan suatu layanan sistem komentar berjaringan di dunia maya. Ratusan ribu situs, mulai dari situs kecil, situs populer seperti blog Wordpress, Tumblr, Blogspot, hingga situs besar seperti Mashable.com dan CNN.com dapat diintegrasikan dengan Disqus untuk mendukung layanan diskusi bagi para pengguna di dunia maya. Selain itu, untuk pengaturan secara manual, Disqus bisa diintegrasikan dengan jenis CMS seperti Drupal, Joomla, Squares pace, Yola / SythaSite, DokuWiki, Storytlr, Sweetcron, Sandvox dan Chimp.
Tidak heran berbagai situs menganggap diskusi melalui dunia maya juga harus diperhitungkan kekuatannya, karena internet sejak kemunculannya hingga kini telah menjadi media komunikasi yang interaktif, yang tidak lagi menawarkan komunikasi satu arah. Pengguna internet di Indonesia tahun 2009 saja telah mencapai lebih dari 25 juta orang, dan diperkirakan akan meningkat sebanyak 25% setiap tahunnya. Maka dari itu kehadiran Disqus disambut baik oleh sekian banyak situs beserta penggunanya. :W
Untuk sistem komentar di blog, Disqus menjadi alternatif layanan komentar dari sistem komentar bawaan blog itu sendiri. Melalui Disqus, komentar-komentar dari para pengguna blog dapat difasilitasi dengan lebih baik. Selain itu, Disqus juga bisa dihubungkan dengan akun si pengguna di berbagai situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Gravatar, maupun situs-situs pendukung seperti Seesmic, dan lain sebagainya. Dengan menghubungkan Disqus dan akun jejaring sosial, maka komentar-komentar yang ditampilkan di Disqus akan secara otomatis muncul di akun jejaring sosial si pengguna tersebut.

Bagaimana Cara Memasang Disqus Comment di Blogger?

Okeh, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasang Disqus Comment :
  1. Pastikan blog anda bisa dikomentari oleh semua orang. cek dengan cara Log In ke akun Blogger Anda lalu pilih "Setting > Post and Comment" atau "Setelan > Pos dan Komentar".
  2. Disini saya anggap anda sudah mempunyai akun di situs Disqus.
  3. Masuk ke Home Page situs Disqus dan pilih "Add Disqus to your site".
  4. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman pembuatan Site Disqus. Isi formulir yang disediakan sesuai dengan kemauan Anda, Jika sudah klik "Finish registration". Sebagai contoh, lihat gambar dibawah ini.
  5. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman pemasangan Disqus Comment, pilih Platform Blogger. lihat gambar di bawah ini.
  6. Setela itu klik tulisan "Add {Nama Blog} to my Blogger site".
  7. Sudah? Sekarang akan terbuka Tab atau Window baru yang menyatakan penambahan widget pada blogger. Pilih blog mana yang ingin anda tambahkan Disqus Comment ini, dan beri nama untuk widget tersebut (jika perlu) lalu klik "Menambah Widget".
  8. Nantinya anda akan dibawa ke halaman Tata Letak blog anda, tinggal klik "Simpan".
  9. Selesai, lihat hasilnya di situs anda! =D
Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Sekian dari saya dan Salam Blogger Indonesia! :)

Wassalamu'alaikum...

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

1 komentar so far

Program Koperasi Sekolah Artikel & Software pendidikan lengkap, cek disini..

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal