Monday, November 10, 2014

Ice Air Conditioner - Sederhana, Mudah dan Murah

Assalamu'alaikum...

AC
Salam sejahtera untuk kita semua! Bicara soal teknologi, pasti Anda tidak asing dengan yang namanya AC. Apa itu AC? Apakah "Air Cendela"? Bukan. Apakah "Alternating Current"? Bukan juga. :p Itu lho, yang buat mendinginkan ruangan. Yap, benar sekali. AC adalah kependekan dari "Air Conditioner". Prinsip kerja AC sama dengan mesin kalor atau mesin carnot zaman dahulu, yaitu memindahkan kalor dalam suatu ruangan ke ruangan lain, hanya saja ada gas pendingin yang digunakan yaitu gas "Freon". Prinsip kerja refrigerator alias Kulkas juga sama dengan AC.
Global Warming
Namun, taukah Anda jika terlalu banyak emisi gas "Freon" diudara dapat menimbulkan banyak bencana bagi manusia? Gas "Freon" adalah salah satu senyawa yang dapat memecah ikatan Ozon (O3) di atmosfer bumi, dimana Ozon (O3) sangat berperan penting dalam menghalau pancaran sinar ultraviolet dari matahari. Sinar ultraviolet itu sendiri sangat berbahaya bagi kulit manusia, pancaran yang berlebihan dapat menyebabkan kangker kulit pada manusia. Sedangkan untuk Bumi ini, berkurangnya kadar Ozon (O3) dapat memicu terjadinya pemanasan global alias Global Warming. Efek dari Global Warming itu sendiri pun sangatlah banyak, dari mencairnya es abadi di kutub sampai iklim dan cuaca jadi tidak menentu. :W
Begitu bahayanya gas "Freon" ini, beberapa negara mulai melarang penggunaannya. Disisi lain, para ilmuwan sudah menemukan beberapa gas pendingin alternatif pengganti "Freon", namun karena susah dibuat dan harganya yang mahal membuat gas-gas alternatif ini belum dipakai saat ini.
Oke cukup basa-basinya. Pada artikel kali ini, saya mau berbagi inovasi teknologi alternatif yang mudah dan murah serta terbilang sederhana. Teknologi apa itu? Dari uraian yang sebelumnya saya bahas dan judul yang terpampang dengan jelas diatas, saya akan mengajak Anda untuk membuat AC (Air Conditioner) yang sederhana dari bahan-bahan yang sederhana pula. AC ini tidak menggunakan gas "Freon" untuk mendinginkan ruangan, melainkan menggunakan Ice balok ataupun Dry Ice yang dicampur dengan garam sebagai pendingin. Kenapa Ice dan kenapa pula menggunakan garam? Kita menggunakan Ice karena Ice cukup ampuh untuk urusan dingin mendinginkan, dan kita menggunakan garam untuk menurunkan titik beku Ice (sifat koligatif larutan) sehingga Ice tidak mudah mencair dan tahan sedikit lebih lama serta suhu air pun masih dibawah 0o alias masih dingin. :D
Sekarang kita masuk ke proses pembuatannya. Sebelum ke langkah-langkah pembuatannya, siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat dan Bahan :

  • Spidol hitam kecil
  • Cutter atau Pisau
  • Perekat (Selotip atau Lakban) 
  • Kipas angin kecil yang masih dapat digunakan
  • Sterofom tebal berbentuk balok yang dapat dibuka dan ditutup
  • Cerobong atau pipa pembuangan
  • Ice batu atau Ice balok atau Dry Ice
  • Garam kasar
Alat dan Bahan Ice AC
Setelah alat dan bahas sudah siap, sekarang saatnya untuk memulai langkah-langkah pembuatannya. Simak langkah-langkah pembuatannya di bawah ini.

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Gambar bagian depan kipas angin di bagian tutup balok sterofom dengan baling-baling menghadap ke bagian dalam balok sterofom. Gambarkan juga bagian cerobong atau pipa pembuangan di tutup balok sterofom tersebut menggunakan spidol hitam kecil.
    Langkah 1.1

    Langkah 1.2
  2. Lubangi gambar pada langkah 1 dengan cutter atau pisau lalu haluskan. Usahakan lubang pas pada masing-masing bagian dan tidak terlalu besar atau terlalu kecil.
    Langkah 2.1

    Langkah 2.2
  3. Pasangkan kipas angin dan cerobong atau pipa pembuangan ke tutup balok sterofom sesuai lubang yang dibuat pada langkah 2, lalu rekatkan agar tidak mudah terlepas.
    Langkah 3
  4. Isi bagian dalam balok sterofom dengan barang-barang dingin misalnya, Ice batu, Ice balok ataupun Dry Ice. Jika menggunakan Ice, tambahkan juga garam kasar kedalamnya supaya Ice tidak mudah mencair.
    Langkah 4
  5. Tutup kembali balok dengan tutup yang sudah dibuat tadi, lalu nyalakan kipas angin.
    Langkah 5
  6. Selesai.. \o/

Video

Jika Anda masih kesulitan memahami uraian langkah-langkah yang saya jabarkan diatas, Anda dapat menonton video dibawah ini yang juga menjelaskan langkah-langkah pembuatan Ice AC ini. Berikut videonya :
*Note :
Menurut sebagian besar orang alternatif ini berbahaya karena uap air yang dingin dapat langsung ke paru-paru yang dapat menimbulkan paru-paru basah. Namun bahaya ini dapat diminimalisir dengan cara memasang filter pada cerobong atau pipa pembuangan dari Ice AC ini agar uap air tidak langsung ke paru-paru, serta letakkan Ice AC ini sejauh mungkin dari Anda namun efek dinginnya masih tetap terasa.
Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih telah membaca artikel di blog ini, semoga setiap artikel yang Anda baca dapat bermanfaat untuk Anda. Sekian dari saya dan Salam Blogger Indonesia! :)

Wassalamu'alaikum...

(Pustaka : http://www.tukangasal.com/2014/11/membuat-AC-Sendiri.html | dengan banyak perubahan)

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

5 komentar

Wah, bisa dibuat sendiri ya. Kebetulan saya belum punya ac nih..

Bisa masbro, silahkan dibuat sendiri... =D sebelum membuat, jangan lupa baca juga catatan kecil yang ada di akhir postingan.. :)

wah bisa lebih hemat ya mas kalau punya ice air conditioner ini ;)

Benar sekali mba... lebih hemat biaya dan hemat listrik juga... :D

Terima Kasih untuk informasinya :)

Nah untuk kalian pembaca yang sedang membutuhkan jasa untuk perbaikan, Bongkar pasang, Perawatan/cuci ac, kulkas, mesin cuci, dispenser, dan barang elektronik. kami juga melayani jual beli dan tukar tambah. Kamilah tempatnya ^.^

CV Anugerah Teknik Abadi merupakan Perusahaan yang telah lama bergerak dibidang jasa Service ac, Kulkas, Mesin cuci, Freezer, Showcase dan elektronik lainnya. Langsung saja berkunjung di website kami di : http://serviceac-surabaya.com, http://cuciacsurabaya.com, http://pasangacsurabaya.com, http://Mesincucisurabaya.com, http://servicekulkassurabaya.com, http://servicefreezer.com. Kami melayani di daerah surabaya, Sidoarjo dan gresik sekitar.

CV ATA sudah dikenal luas masyarakat jawa timur, Dikenal sebagai Tempat Jasa Service Panggilan dengan pekerjaan teknisi yang memuaskan dan bergaransi.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal