Friday, May 20, 2016

Majukan Peternakan Indonesia Bersama Ilmuhewan.com

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Peternakan (ilustrasi)
Lama tak meng-update blog ini. Sibuk dengan perkuliahan dan hal-hal lain membuat blog ini seakan tak terurus hingga berdebu sana sini. Langsung saja, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas hal yang mungkin beberapa dari kita kurang memperhatikannya, yaitu perihal peternakan yang ada, khususnya di Indonesia.

Peternakan?

Sebelum lebih jauh, saya ingin menjelaskan dasarnya terlebih dahulu. Apa sih peternakan itu? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Peternakan adalah suatu usaha untuk memelihara dan/atau membiakan ternak. Ternak itu sendiri adalah binatang yang dipiara (lembu, kuda, kambing, dan sebagainya) untuk dipelihara dan/atau dibiakkan dengan tujuan produksi. Sedangkan orangnya disebut dengan peternak.
Tujuan ternak hewan antara lain adalah untuk produksi. Hasil produksi peternakan biasanya berupa daging segar, susu, telur, dan sebagainya. Selain itu, tak jarang juga tenaga-tenaga hewan ternak tersebut dimanfaatkan, misalnya seperti kerbau/lembu untuk membantu pekerjaan petani dalam membajak sawah, atau kuda yang dimanfaatkan untuk menarik delman.

Peternakan di Indonesia

Ternak Sapi
Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat cocok untuk dijadikan sentra bisnis peternakan. Luas daratan Indonesia yang mencapai jutaan km2 sangat mendukung kegiatan peternakan yang notabene membutuhkan lahan yang luas. Posisi Indonesia yang ada di daerah trofis juga sangat mendukung aktivitas usaha peternakan. Posisi geografis ini memungkinkan wilayah Indonesia untuk disinari matahari dan dijatuhi hujan sepanjang tahun. Hal ini membuat kebutuhan untuk berbagai kegiatan usaha peternakan seperti air dan pakan hijauan bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia.
Meskipun demikian, ternyata hingga tahun 2015 kebutuhan akan hasil peternakan di Indonesia belum tercukupi. Kekurangan kebutuhan ini kerap ditutup oleh pemerintah dengan jalan impor dari negara lain. Untuk itu perlu dilakukan usaha-usaha yang dapat memajukan peternakan di Indonesia secara efektif dan efisien.

ilmuhewan.com?

Adalah sebuah blog yang sengaja dibuat dengan niche atau topik tentang Ilmu hewan, baik cara ternak, perawatan hingga pengetahuan tentang hewan. Blog ini berfungsi sebagai tempat berbagi pengetahuan kepada para pembaca secara umum.
Materi ataupun artikel dalam blog ini merupakan hasil dari liputan, wawancara, dokumentasi dan juga pengalaman para praktisi pada bidang ilmu hewan dan juga peternakan. Blog ini juga senantiasa memantau perkembangan dunia hewan dan selalu memperbarui artikel-artikel berdasarkan perkembangan yang ada saat ini.

Majukan Peternakan Indonesia!

Dengan sumber daya alam yang melimpah, kondisi alam serta cuaca yang amat mendukung, bukan tidak mungkin kita dapat melakukan swasembada hasil ternak seperti susu, daging maupun telur. Namun untuk mewujudkan itu semua, kita juga harus berjuang bersama.
Ilmuhewan.com menyediakan banyak informasi-informasi yang bisa kita terapkan dalam usaha peternakan yang kita miliki. Baik inforamsi peternakan hewan ternak, hewan unggas maupun perikanan semua dapat kita temukan blog ini. Tak hanya menyediakan informasi terkait budidaya, blog ini juga memberikan penjelasan tentang klasifikasi hewan-hewan ternak, jenis-jenisnya serta cara yang tepat untuk membudidayakannya. Selain itu ada juga inforamsi terkait penyakit-penyakit yang kerap diderita hewan ternak baik hewan darat maupun hewan air.
Dan yang tidak bisa disepelekan adalah gizi dari hewan ternak itu sendiri, gizi mempengaruhi kualitas dan kuantitas dari hewan ternak kita, oleh karena itu, informasi gizi serta makanan yang cocok untuk hewan ternak yang kita miliki juga sangat diperlukan. Selain untuk kesehatan hewan itu sendiri, hasil produksi kita pun akan meningkat karena kualitas dan kuantitas hasil produksi juga meningkat. Dan blog ilmuhewan.com ini juga memberikan informasi terkait dengan pakan hewan yang cocok.
Dengan teknik budidaya yang cocok, perawatan yang tepat serta pakan yang baik, bukan tidak mungkin kualitas dan kuantitas hasil produksi ternak di Indonesia akan meningkat. Dengan meningkatnya kuantitas hasil produksi, secara berangsur-angsur kita dapat mengurangi impor dan dapat memenuhi kebutuhan hasil ternak kita sendiri bahkan bukan tidak mungkin kita juga dapat mengekspornya. Dengan kualitas hasil produksi yang juga meningkat, suatu saat hasil produksi peternakan di Indonesia juga akan dicari dan dihargai mahal oleh negara lain (aamiin). Mari kita majukan peternakan di Indonesia!

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan di artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda. Maaf apabila ada kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Terimakasih telah berkenan mampir dan membaca artikel di blog ini. Salam Blogger Indonesia!.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...


Sumber :
- http://saeternak.blogspot.co.id/2015/06/kondisi-peternakan-diindonesia-oleh.html
- http://kbbi.web.id/ternak
- http://www.ilmuhewan.com/tentang-kami/

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

3 komentar

This comment has been removed by a blog administrator.

Tapi sat ini harga daging menurun ya kak, semenjak ada kebijakan untuk impor daging ?


www.sagitasoft.com

VBandar - Agen Sakong Online | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia

Mengadakan Kontes SEO dengan TOTAL HADIAH Rp.30.000.000 untuk 20 Pemenang :
Hadiah Pertama Rp 10.000.000,-
Hadiah Kedua Rp 7.500.000,-
Hadiah Ketiga Rp 5.000.000,-
Hadiah Keempat Rp 2.000.000,-
Hadiah Kelima Rp 1.000,000,-
Hadiah Ke 6 - 10 Rp 500.000,-
Hadiah Ke 11 - 20 Rp 200.000,-

Pendaftaran dimulai pada Tanggal 1 Mei 2017
Pendaftaran berakhir pada Tanggal 16 Juli 2017
Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 1 Agustus 2017 ( paling lambat pukul 18:00 )
Hadiah akan dibagikan pada 2 Agustus 2017

Selengkap nya di : http://vbandar.org/kontes/

Tunjukan kemampuasn SEO anda kepada Dunia agar membuktikan siapa yang paling memiliki Kemampuan SEO tebaik.

Happy SEO ~

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal