Saturday, March 18, 2017

Disfungsi Zebra Cross Bagian#3: Survey#2

Bagian#3

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Bertemu lagi dengan kami, SAFAR. Kami akan melanjutkan project kami dan sekarang kita masuk ke Bagian#3. Sesuai yang telah dijelaskan pada Bagian#1 bulan kemarin, agenda kali ini adalah melanjutkan tahap pengambilan data melalui pengamatan dan wawancara. Pengambilan data kali ini kami mengambil 2 tempat yaitu, Pasar Gede dan Stasiun Purwosari.
Dari pengamatan dan wawancara kami kepada sejumlah pejalan kaki baik yang tidak taat maupun yang taat, kami memperoleh data sebagai berikut:
  • Pasar Gede:
    1. Dari pengamatan kami, sebagian besar pejalan kaki memanfaatkan zebra cross untuk menyebrang jalan.
    2. Sebagian besar pejalan kaki yang kami wawancarai mengaku telah mengetahui fungsi zebra cross, namun ada pula pejalan kaki yang belum mengetahui fungsi zebra cross meskipun mereka menggunakan-nya untuk menyebrang jalan. Mereka semua mengaku terbantu dengan adanya zebra cross.
    3. Orang yang tidak menggunakan zebra cross merasa letak zebra cross terlalu jauh, panas, dan merasa menggunakan zebra cross atau tidak akan sama saja.
    4. Menurut mereka, perlu adanya lampu lalu-lintas yang mengatur kendaraan, sehingga mereka tau kapan harus menyebrang dengan aman. Perlu juga adanya sosialisasi dan petugas penyebrangan. Ada juga yang mengharapkan jembatan penyebrangan yang dulu sempat ada kembali dibangun, karena mereka merasa lebih aman dan nyaman menyebrang melalui jembatan penyebrangan.
  • Stasiun Purwosari:
    1. Dari pengamatan kami, mayoritas pejalan kaki di area ini mengetahui fungsi zebra cross dan merasa terbantu dengan adanya zebra cross.
    2. Seluruh pejalan kaki yang kami wawancarai merasa zebra cross di area ini masih belum maksimal. Meskipun terdapat lampu lalu-lintas, masih ada beberapa pengguna jalan yang tetap melaju walaupun lampu merah sedang menyala.
    3. Menurut mereka, sosialisasi tentang zebra cross dan lampu lalu-lintas kepada pengguna jalan sangat diperlukan. Lalu perlu adanya petugas penyebrangan. Ada juga yang mengharapkan adanya jembatan penyebrangan.
Berikut di bawah ini adalah video dokumentasi pengambilan data yang kami lakukan di Pasar Gede dan di Stasiun Purwosari.

Okey, mugnkin cukup sekian informasi terkait Survey#2 dari project kami, ikuti terus perkembangan project kami dengan mengikuti Instagram kami di @kelompok6pancasila, Subscribe channel YouTube kami di bit.ly/Kelompok6Channel, atau ikuti perkembangannya di blog ini pada label Pancasila TI. Atas perhatian teman-teman, saya ucapkan terimakasih. Salam Blogger Indonesia!

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal