Thursday, April 20, 2017

4 Kategori Bisnis Online yang Perlu Anda Ketahui

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Salam sejahtera untuk kita semua. Alhamdulillah setelah sekian lama tidak meng-update blog ini, akhirnya bisa juga menulis kembali dan berbagi ilmu melalui blog ini. Pada tulisan kali ini saya ingin membahas beberapa hal terkait dengan "Bisnis Online". Apa saja itu? Check this out!

Apa itu Bisnis Online?

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.[1] Sedangkan online mengacu kedaan saat kita berada di dalam jaringan. Jaringan yang dimaksud di sini adalah jaringan Internet. Jadi, dapat saya simpulkan bahwa:
Bisnis Online adalah kegiatan yang dilakukan baik oleh perseorangan maupun organisasi dengan memanfaatkan jaringan dan teknologi internet dengan cara menjual dan/atau memasarkan barang atau jasa, ataupun kegiatan menguntungkan lainnya demi untuk mendapatkan laba.
Dalam bisnis online ini saya merangkum dan mengkategorikannya menjadi 4 kategori, seperti pada gambar di bawah ini.
bisnis online
Dari ke-4 kategori tersebut, sebenarnya pemanfaatan utama jaringan internet adalah sebagai media pemasaran. Karena internet dapat menghubungkan setiap orang, siapapun dan dimanapun. Namun tidak etis apabila saya mengkategorikan bisnis online tersebut tanpa menjelaskan dan memberikan contoh-contohnya. Namun yang saya paparkan kali ini tidaklah mutlak benar, melainkan hanya pemikiran saya sendiri. Jadi, tidak menutup kemungkinan pemikiran Anda berbeda dari pemikiran saya. Oke cukup basa basinya, lanjut ke fokus utama.

Marketing

marketing
Seperti yang sudah saya jelaskan pada paragraf sebelumnya, tujuan utama penggunaan jarinan internet adalah sebagai media marketing/pemasaran produk atau jasa. Dari online marketing/digital marketing ini sendiri, saya membedakannya menjadi 2, yaitu penjualan atau jual beli, dan periklanan.
Penjualan yang saya maksud adalah penggunaan jaringan internet untuk menghubungkan antara produsen, distributor atau bagian marketing sebuah produk atau jasa dengan konsumennya. Jadi, penekanannya adalah pelaku berinteraksi langsung dengan konsumen untuk memasarkan sebuah produk, entah dia itu produsennya ataupun hanya bagian dari pemasaran. Dan pendapatan pelaku biasanya diperoleh dari keuntungan dari penjualan tersebut. Penjualan ini sendiri bisa memanfaatkan Marketplace atau bisa juga berjualan sendiri dengan membuat blog atau website sendiri maupun hanya menggunakan akun sosial media. Dengan memanfaatkan internet, kita dapat menjualkan produk orang lain tanpa perlu memilikinya/membelinya terlebih dahulu, sistem ini biasanya disebut dengan dropship. Jadi, memungkinkan kita untuk berjualan dengan modal yang tidak terlalu besar.
Berbeda dengan penjualan yang kita dituntut untuk berhubungan langsung dengan konsumen, periklanan sendiri hanya menyediakan tempat yang dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk promosi produknya. Analoginya seperti saat kita memasang iklan di koran, majalah ataupun televisi. Dan posisi kita adalah sebagai pemilik perusahaan koran, majalah ataupun stasiun televisi tersebut, perbedaannya adalah ini di dalam jaringan internet. Kita dapat menggantikan koran dengan blog milik kita, menggantikan majalah dengan website kita, dan menggantikan stasiun televisi dengan chanel Youtube milik kita. Namun, untuk menjamin customer juga mendapatkan untung dengan memasang iklan di tempat kita, kita harus memberikan bukti jumlah pengunjung, viewer ataupun pengikut kita. Contoh lain adalah kita sebagai Endorse sebuah produk, biasanya produk fashion atau barang lain yang bisa digunakan langsung. Mekanismenya adalah kita mendukung produk tersebut dengan cara mengenakannya, lalu memberikan ulasan positif dari produk dan produsennya. Namun kita bukan bagian dari marketing, jadi konsumen tidak menghubungi kita, tetapi tetap harus menghubungi produsen tersebut untuk memiliki produk yang kita endorse tersebut.
Jadi intinya adalah penjualan menuntut kita untuk berhubungan langsung dengan konsumen, sedangkan periklanan tidak menuntut demikian, meskipun kita sebenarnya sama-sama memasarkan sebuah produk entah itu barang ataupun jasa.

Writing

writing
Jika Anda jago dalam menulis, maka anda bisa masuk ke dalam bisnis online kategori ini. Pasalnya, di kategori ini kemampuan menuangkan ide melalui tulisan adalah kunci utamanya. Anda bisa menjadi seorang jurnalis atau kontributor di salah satu website, dan Anda bisa mendapatkan upah untuk setiap artikel yang Anda buat, biasanya pekerjaan ini terikat kontrak. Jika Anda bukan tipe orang yang mau terikat, Anda bisa menjadi seorang penulis lepas. Banyak juga website yang membayar orang yang mau menulis artikel yang menarik dan juga tidak ada kontrak, Anda bisa saja bergabung dengan mereka. Atau mungkin anda juga bukan tipe orang yang mau menyumbang ide ke orang lain? It's okey, anda bisa saja membuat buku fisik maupun buku non fisik (e-book) sendiri dan Anda jual kepada orang-orang yang membutuhkan.
Menulis juga bukan hanya memberikan artikel yang informatif, tapi jika Anda bisa membuat orang tertarik untuk melakukan/membeli sesuatu, apa salahnya mencoba membuat artikel persuasif yang menawarkan sebuah produk? Namun Anda juga harus bekerja sama dengan produsen produk tersebut agar sama-sama menguntungkan, karena pada konteks ini Anda diibaratkan sebagai salesman dari produk tersebut. Pekerjaan ini biasa disebut dengan copywritter. Bayarannya lumayan lho...
Okey, jadi intinya adalah kategori ini lebih mengunggulkan karya berupa tulisan, dan upah/bayaran yang Anda dapatkan bergantung pada kualitas dan kuantitas tulisan Anda. Sehingga kategori ini cocok untuk orang yang gemar menuangkan ide melalui tulisan.

Service

service
Pernahkan Anda mendengar kalimat "If you're good at something, never do it for free."? Jika Anda adalah penggemar film Batman, maka Anda tidak akan asing dengan kalimat itu. Ya, kalimat itu dikatakan oleh tokoh oposisi bernama Joker di film Batman : The Dark Knight tahun 2008 lalu. Kalimat ini berarti "Jika Anda bagus dalam melakukan sesuatu, jangan pernah melakukannya dengan gratis" terutama jika diminta oleh orang lain. Jadi intinya adalah, jika Anda pandai dalam melakukan sesuatu, iklankan, pasarkan, kenalkan ke orang lain dan buatlah orang itu menjadi customer kita. Jadi secara kasar, Anda sedang menjajakan produk Anda sendiri berupa Jasa/Layanan kepada customer/konsumen Anda.
Ada banyak sekali keterampilan yang dapat Anda jual. Misalnya Anda jago dalam desain, maka tawarkan jasa desain. Anda jago dalam bahasa dan menterjemahkan? Maka bukalah jasa penerjemah. Atau Anda jago dalam dunia WEB, SEO dan sejenisnya? Maka bukalah jasa Web Desain, Web Developtment, Konsultan Web, ataupun jasa optimalisasi SEO. Apapun bisa Anda jadikan uang jika Anda bersungguh-sungguh dalam melakukannya.
Jadi intinya, kategori ini lebih mengunggulkan kemampuan Anda di bidang tertentu yang mungkin sedikit orang yang menguasainya. Dan posisi Anda adalah sebagai pemberi layanan tersebut. Ingat Jika Anda bagus dalam melakukan sesuatu, jangan pernah melakukannya dengan gratis.

Information

information
Kategori yang terakhir adalah Information and Technology (IT). Teknologi selalu membawa dampak bagi seluruh manusia, tidak terkecuali teknologi Internet. Sebenarnya kategori ini dapat dimasukkan ke dalam 3 kategori lainnya, namun ada perbedaan yang membuat ini saya jadikan sebagai kategori sendiri. Kategori ini sangat menuntut tulisan yang informatif, tidak seperti kategori penulisan yang bisa berisi apa saja. Kategori ini membutuhkan keahlian di bidang teknologi, dan secara spesifik ke bagian Web baik langsung di Web-nya seperti Web Programming, Template Maker, Plugins Maker dll, tapi juga ke jaringannya. Tidak seperti kategori Layanan yang bisa berupa apa saja.
Bisa juga memanfaatkan keduanya seperti membuat web yang khusus berisi informasi tentang teknologi-teknologi, tutorial-tutorial dan lain sebagainya. Jika website ini sudah besar dan memiliki banyak pembaca, Anda bisa membuat web Anda menjadi ekslusif dengan cara membuat akun berbayar untuk pembaca. Dengan adanya akun berbayar, tentunya harus ada keuntungan atau fasilitas yang membedakan akun premium dengan akun free.
Jadi intinya adalah kategori ini dikhususkan untuk orang-orang yang mempunyai keahlian di bidang teknologi dan atau bisa membuat artikel/konten yang informatif.

Okey, mungkin cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan. Terimakasih saya ucapkan kepada Anda yang berkenan membaca sampai di paragraf ini. Sekali lagi saya sampaikan, tulisan di atas hanya pemikiran saya saja. Jika Anda punya masukan atau pemikiran yang berbeda dangan saya, silahkan tuangkan di kolom komentar, saya akan dengan senang hati berdiskusi dengan Anda. Oh iya, tak lupa saya mohon maaf apabila dalam penyampaian terdapat kata-kata yang kurang berkenan. Sekian, Salam Blogger Indonesia!

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...


Referensi :
[1]. https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
[2]. https://www.cermati.com/artikel/26-bisnis-online-menjanjikan

Ide Gambar :
http://www.freepik.com/

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

1 komentar so far

Artikel yang sangat bermanfaat. Jangan Lupa Kunjungi http://mesinindo.com/ Untuk Melihat Artikel Bermanfaat Lainnya.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal