Tuesday, May 16, 2017

6 Tips Saat Menyebrang Jalan

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Bertemu lagi dengan kami, SAFAR. Kali ini kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya para pejalan kaki yaitu terkait dengan tips saat menyebrang jalan. Berikut adalah 6 tips aplikatif yang dapat kita coba saat kita menyebrang jalan. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini:
  1. Menyebranglah di tempat penyebrangan
    Ini adalah syarat utama, karena menyebrang jalan di tempat penyebrangan sangat menjamin keselamatan anda sebagai penyebrang dan orang lain sebagai pengguna jalan yang lain. Tempat penyebrangan yang dimaksud adalah zebra cross atau jembatan penyebrangan. Jika memang terpaksa tidak ada fasilitas tersebut, maka pilihlah spot yang kiranya cukup sepi dilalui kendaraan bermotor. Ini juga akan menurunkan resiko kecelakaan baik pada diri anda sendiri maupun pengguna jalan lain.
  2. Gunakan fasilitas pendukung (jika ada)
    Tips ini adalah opsional, tergantung pada ada atau tidaknya fasilitas pendukung pada tempat penyebrangan, terutama zebra cross. Fasilitas pendukung ini antara lain lampu lalu lintas baik yang otomatis, maupun yang dapat diatur sendiri oleh penalan kaki (Pedestrian Light Controlled). Dengan memanfaatkan fasilitas pendukung ini, maka akan menurunkan secara derastis resiko kecelakaan yang mungkin anda alami.
  3. Tunggu hingga lampu berwarna hijau
    Lagi-lagi, tips ini juga opsional, artinya juga tergantung ada atau tidaknya fasilitas pendukung berupa lampu lalu lintas. Jika ada, maka tunggulah nyala lampu untuk pejalan kaki menjadi hijau. Karena saat itulah saat anda dapat menyebrang dengan aman, karena (seharusnya) semua kendaraan akan berhenti.
  4. Tengok kiri dan kanan sebelum menyebrang
    Ini langkah wajib dan harus dilakukan saat menyebrang jalan. Dengan menengok ke kiri dan ke kanan, kita dapat menghitung dan memastikan tidak ada kendaraan yang melintas saat anda menyebrang. Atau setidaknya kendaraan tersebut masih cukup lama untuk sampai ke titik penyebrangan kita, sehingga kita akan aman saat menyebrang.
  5. Menyebranglah bersama orang lain
    Tips ini sebenarnya opsional, jadi tidak harus anda lakukan. Hanya saja, menyebrang dengan keadaan ramai akan memberi banyak peluang untuk memperoleh prioritas dari pengguna jalan lain. Jadi akan memudahkan kita menyebrang di zebra cross, walaupun minim fasilitas pendukung.
  6. Gunakan gesture saat menyebrang jalan
    Tujuan dari tips ini adalah untuk memberitahu pengguna jalan lain, atau pengendara kendaraan bermotor bahwa kita hendak atau sedang menyebrang. Gestur yang dapat dilakukan adalah dengan melangkahkan satu kaki ke depan untuk menandakan bahwa kita hendak menyebrang, dan melambaikan tangan ke arah pengendara saat kita menyebrang. Tujuan lainnya adalah agar pengendara kendaraan bermotor itu menurunkan kecepatan kendaraannya, atau menghindari kita saat kita menyebrang jalan.
Selain 6 tips di atas, tentunya ada beberapa tips lain yang anda sendiri seharusnya sudah tau. Ya, misalnya berdoa terlebih dahulu sebelum menyebrang, agar diberikan keselamatan oleh Tuhan YME. Dan ucapkanlah rasa syukur anda sesaat setelah anda berhasil menyebrang. Terlepas dari itu, kami juga membuat video pendek terkait 6 tips ini, berikut di bawah ini adalah cuplikan videonya.


Okey, mugnkin cukup sekian informasi terkait tips menyebrang jalan, ikuti terus perkembangan project kami dengan mengikuti Instagram kami di @kelompok6pancasila, Subscribe channel YouTube kami di bit.ly/Kelompok6Channel, atau ikuti perkembangannya di blog ini pada label Pancasila TI. Atas perhatian teman-teman, saya ucapkan terimakasih. Salam Blogger Indonesia!

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Seorang laki-laki yang tidak sempurna, namun ingin menyempurnakan orang lain, dan ingin selalu membahagiaan kepada teman, sahabat dan orang lain yang ia sayangi.

► Gunakanlah akun terdaftar untuk berkomentar.
► Berkomentarlah yang Relevan, Santun dan Bijaksana.
► Dilarang menggunakan (link) aktif / hidup!.
► Tambahkan satu spasi didepan kode emo dan gunakan kode emo standar untuk menyisipkan emo.

Khusus untuk membalas komentar, disarankan menggunakan tombol Balas di samping komentar terkait, agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

Emo Emo
Batal